Pj Gubernur Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman Lakukan Kunker Di Destinasi Agrowisata Sawah Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu

Penajam – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim)dan Pangdam VI Mulawarman Beserta jajaran lakukan kunjungan kerja (kunker) di destinasi agrowisata Sawah Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (25/10/2023).

Saat ditemui Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan tujuannya hadir untuk mengidentifikasi apa persoalan yang dikeluhkan petani sawah di Kecamatan Babulu.
“Persoalan ini harus kita selesaikan bersama agar petani kami sejahtera serta persediaan lumbung pangan kita tersedia dengan baik di Kaltim menjelang pemindahan ibu kota negara (IKN),” ungkapnya.
Lebih lanjut Akmal mengatakan, ternyata yang menjadi persoalan mendasar adalah masalah pengairan yang mengalami pendangkalan maka dari itu kita harus bergerak. Selain itu persoalan pasca panen, ketersediaan infrastruktur jalan tani, pupuk yang mahal dan sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak (BBM).
“Dari itu, kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Pertanian diharapkan untuk menyelesaikan persoalan yang menjadi keluhan petani di Kecamatan Babulu Kabupaten PPU,”pintanya.
Pj Gubernur Akmal Malik menambahkan Ia akan menyerahkan bantuan sebesar Rp 5,5 Mmilyar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Provinsi Kaltim.

“Berupa pompa air 140 unit, handsprayer/alat semprot pestisida 150 unit serta mesin panen padi kombinasi 8 unit yang akan diberikan diakhir bulan November sebagai bentuk untuk membangun petani dan ketahanan pangan yang lebih baik dimasa akan dating,” tutupnya.
Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo mengatakan kedatangannya di Kabupaten PPU untuk memastikan keamanan masyarakat PPU menjelang IKN.
“Wilayah kerja kami meliputi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, namun kami konsen untuk menjaga ketahanan pangan di Kabupaten PPU dan Kabupaten Kutai Kartanegara,” ungkapnya.
Kami akan berkomitmen, lanjutnya untuk melakukan perbaikan dibidang insfrastruktur pertanian, serta berharap apa yang menjadi permasalahan di Kabupaten PPU dapat kita kerjakan bersama-sama.
Sementara itu Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pj Gubernur Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman beserta Jajaran telah hadir serta mendengarkan secara langsung apa yang menjadi keluhan petani di Kecamatan Babulu khususnya .

“Kami berharap kedepan masih banyak yang harus kita kerjaan bersama terkait keluhan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten PPU menyongsong pemindahan IKN, ” pungkasnya. (Man/Zan/Sir/*DiskominfoPPU)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *