Rusman Ya’qub Dorong Transformasi UMKM Menjadi Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Samarinda – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Rusman Ya’qub, mendorong transformasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kaltim sebagai kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kami berharap peringatan UMKM menjadi pencetus inovasi para pelaku UMKM di Kaltim. Saya mendorong dan mendukung pemerintah agar UMKM di Kaltim menjadi pionir dan fondasi pengembangan ekonomi kreatif,” ungkap Rusman belum lama ini.

Dalam proses transformasi UMKM di masa depan, Rusman menekankan pentingnya memperhatikan beberapa aspek kunci, seperti sertifikasi produk, manajemen pemasaran, dan transportasi.

“Sertifikasi produk itu penting agar UMKM bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional,” kata Rusman.

Politikus PPP itu juga menyatakan bahwa upaya mendorong transformasi UMKM melalui aspek manajemen pemasaran adalah langkah strategis. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kegiatan promosi produk UMKM dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Selain itu, Rusman menyoroti pentingnya aspek transportasi dalam transformasi UMKM. Dengan akses yang baik, UMKM akan dapat mengirimkan produk mereka dengan cepat dan biaya yang lebih terjangkau.

Rusman mengapresiasi kinerja Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kaltim yang telah melaksanakan berbagai program pembinaan dan memberikan bantuan kepada UMKM.

“Saya berharap pelaku UMKM di Kaltim dapat mengambil peluang dari penyelenggaraan acara nasional, seperti Pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan Prakualifikasi Popnas 2025,” ujar Rusman.

Rusman mengajak pelaku UMKM di Kaltim untuk terus berusaha, bekerja keras, dan tetap kreatif agar usaha mereka dapat berdampak positif pada peningkatan pendapatan mereka serta kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *