Disdikpora PPU, Program Bantuan Seragam Sekolah Gratis Harus Tepat Sasaran

Penajam – Program pembagian seragam sekolah gratis di Penajam Paser Utara Belum terealisasi lantaran data penerima belum lengkap, hal tersebut disampaikan oleh Syamsul Adha Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Pendidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Penajam Paser Utara.

Diketahui bahwa program seragam gratis itu tiap tahun diadakan oleh Pemerintah Daerah PPU melalui Disdikpora, progaram yang menyasar Peserta didik mulai dari tingkat TK sampai tingkat SMA.

“Yang menjadi kendala atas realisasi untuk bantuan sehingga sampai saat ini belum terlaksana lantaran data penerimanya yang belum fix.” Ungkapnya.

Tahun ini ada perubahan terkait penerima bantuan pendidikan tersebut, dimana penerima bantuan tidak lagi diperuntukkan untuk tingkat SMA, melainkan hanya sampai tingkat SMP.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengatur pengelolaan sekolah menengah atas dan sederajatnya beralih ke Pemerintah Provinsi.

Selain itu data penerima bantuan harus benar tepat sasaran, sehingga pihaknya sangat selektif dalam melakukan pendataan agar tidak ada lagi masyarakat kurang mampu yang tidak bersekolah dengan alasan tidak mampu membeli seragam sekolah.

“Kami di dinas itu sangat selektif terkait pendataan untuk penerima bantuan tersebut, karena kami ingin penerima bantuan itu benar-benar tepat sasaran” Pungkasnya.

Selama ini Disdikpora selalu mengupayakan agar semua warga masyarakat Penajam Paser Utara tidak lagi ada yang tidak sekolah dengan alasan tidak mampu membeli seragam sekolah.

“Intinya program ini tetap kami upayakan untuk selalu ada di tiap tahun ajaran baru, sebagai upaya membantu pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan dan kasus putus sekolah tidak lagi terjadi”.Tutupnya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *