Disbudpar PPU: Dekat Dengan Pusat IKN, Wisata Air Terjun Tembinus Segera Jadi Primadona

Penajam,-Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur merupakan daerah yang dipilih sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia. Di samping memiliki prospek ekonomi dan infrastruktur, PPU juga menyimpan berbagai pesona wisata yang menarik dan menantang, salah satunya adalah Wisata Air Terjun Tembinus.

Wisata Air Terjun Tembinus atau yang sering disebut Niagara Tembinus adalah sebuah objek wisata alam yang berlokasi di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, PPU. Objek wisata ini memiliki air terjun dengan tinggi sekitar 25 meter dan debit air yang sangat deras. Air terjun ini mengalir dari atas tebing batu yang berlapis-lapis dan tersusun rapi dan membentuk kolam besar di bawahnya.

Wisata Air Terjun Tembinus terletak di dalam kawasan Hak Guna Usaha PT ITCI Hutani Manunggal, sebuah perusahaan tanaman industri (HTI) di PPU. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini, pengunjung harus mendapatkan izin dari pihak perusahaan dan hanya bisa datang pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Untuk menuju ke Wisata Air Terjun Tembinus, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dan memakan waktu sekitar 3 jam dari kota PPU. Pengunjung harus melalui jalanan hutan dengan medan yang cukup menantang dan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer. Namun, semua rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan alam yang luar biasa di Wisata Air Terjun Tembinus.

Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun yang masih alami dan bermain air di kolam alami yang dikelilingi oleh bebatuan besar. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang memesona. Salah satu pengunjung yang pernah ke Wisata Air Terjun Tembinus adalah Rani, seorang mahasiswi asal Samarinda. Ia mengaku tertarik untuk ke tempat ini setelah melihat foto-foto di media sosial.

“Saya penasaran dengan Wisata Air Terjun Tembinus karena katanya tempatnya bagus dan menantang. Saya suka petualangan dan alam, jadi saya ingin mencoba sendiri ke sini,” kata salah satu pengunjung.

Ia mengaku puas dengan pengalaman yang ia dapatkan di Wisata Air Terjun Tembinus. Ia mengatakan bahwa tempat ini sangat cocok untuk refreshing dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

“Tempatnya sangat indah dan sejuk. Airnya juga segar dan bersih. Saya senang bisa berenang dan berfoto di sini. Rasanya seperti berada di surga,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Raya, Sunoto, mengatakan bahwa Wisata Air Terjun Tembinus merupakan salah satu potensi wisata yang dimiliki oleh desanya. Ia berharap bahwa tempat ini bisa dikembangkan lebih baik lagi agar bisa menarik lebih banyak wisatawan.

“Kami bersyukur bahwa desa kami memiliki Wisata Air Terjun Tembinus yang sangat cantik dan menawan. Kami berharap pemerintah daerah dan pusat bisa memberikan perhatian dan dukungan untuk pengembangan objek wisata ini. Kami juga berharap masyarakat bisa menjaga kelestarian alam ini,” ujar Sunoto.

Sunoto menambahkan bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak perusahaan HTI untuk mengelola Wisata Air Terjun Tembinus. Ia mengatakan bahwa pihak perusahaan sudah memberikan fasilitas seperti toilet, tempat parkir, dan gazebo untuk pengunjung.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk mengurus izin dan fasilitas di Wisata Air Terjun Tembinus. Kami juga sudah membentuk kelompok sadar wisata yang bertugas untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di tempat ini. Kami ingin menjadikan Wisata Air Terjun Tembinus sebagai destinasi wisata unggulan di PPU,” tutupnya.

(rmt/pl)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *