Komisi I DPRD PPU Sebut BLK Miliki Peran Penting Kurangi Tingkat Pengangguran

Penajam – Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Rahman Wahid menilai Balai Latihan Kerja (BLK), memiliki peran vital sebagai wadah pengembangan ketrampilan masyarakat.

Keberadaan BLK, juga dianggap penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sekaligus menjaga daya saing masyarakat Benuo Taka. Selain itu, melalui lembaga tersebut diproyeksikan mampu menjawab masalah pengangguran hingga memperkecil kesenjangan sosial di masyarakat.

“Hadirnya BLK ini kan memiliki peran yang cukup penting dan sangat strategis dalam meningkatkan keterampilan serta daya saing masyarakat kita,” ujar Wahid, Senin (13/11/2023).

Dijelaskan Wahid, dengan mengikuti pelatihan di BLK, menjadi bekal masyarakat khusunya generasi muda dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Kompetensi ataupun kemampuan masyarakat bisa ditingkatkan melalui pelatihan di BLK.

Pemerintah daerah, lanjut Wahid diharapkan dapat bekerja sama dengan BLK. Selain meningkatkan skill, lulusan BLK juga akan lebih mudah diserap oleh perusahan-perusahaan swasta.

“Kerjasama antar lembaga ini akan memberikan efek yang luar biasa di masyarakat, terlebih lagi ini akan menjadi bentuk konsisten dalam menjalankan program-program yang sudah di silabuskan oleh BLK,” ungkapnya.

“Program yang sudah ada harus berkelanjutan, bukan hanya sekedar memberikan pelatihan akan tetapi kita harus tahu goals nya dimana dan akan sampai mana,” tambahnya.

Harapannya BLK dan Pemda dapat menjadi singkronisasi yang baik, agar terciptanya masyarakat yang mandiri serta mempunyai skil yang di butuhkan bagi para swasta di wilayah PPU khususnya.

“Ketika BLK memiliki program yang berjalan, kita hanya perlu memastikan apakah program pelatihan itu sesuai dengan kebutuhan industri maupun tempat kerja lokal yang ada. Harapannya, ketika selesai mengikuti pelatihan masyarakat kita dapat terserap atau lebih mudah mendapatkan pekerjaan,” tandasnya. (Adv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *