Kembangkan Objek Wisata, Disbudpar Ajak Pokdarwis Berperan Aktif

PENAJAM,- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Penajam Paser Utara (PPU) berencana membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) baru. Sebagai upaya pengembangan potensi-potensi kepariwisataan yang ada di beberapa kelurahan.

Daerah berjuluk Benuo Taka diyakini memiliki potensi kepariwisataan yang cukup besar. Namun sayang belum tergarap dengan cukup baik, baik oleh pemerintah pun oleh masyarakat di sekitarnya.

Dalam proses pengembangan kepariwisataan ini, Disbudpar PPU mengambil peran dengan aktif melakukan pendampingan pengembangan pariwisatanya.

Kepala Bidang Pariwisata dan Pemasaran, Disbudpar PPU, Juzlizar Rakhman menyebut pendampingan itu dilakukan melalui Pokdarwis yang dimiliki kelurahan.

“Kami tetap aktif melakukan pembinaan melalui pokdarwis. Nantinya akan ditargetkan untuk lebih menghasilkan dan memastikan pengelolaannya terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Pasalnya, masih belum banyak jumlah lokasi pariwisata yang dikelola langsung oleh Disbudpar PPU, apalagi untuk dipungut retribusinya.

Hal ini berkaitan erat dengan lahan wisata yang kebanyakan masih masuk kedalam lahan masyarakat.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *