PDAM Danum Taka Luncurkan Program Hibah Pemasangan 100 Sambungan di Wilayah Pesisir

PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam luncurkan program hibah pemasangan 100 sambungan rumah di kawasan Jalan Raden Sukma khususnya yang berada di daerah pesisir Kelurahan Penajam.

Selain itu, kegiatan dirangkai dengan peresmian fasilitas pelayanan yang baru, ruang arsip, ruang rapat dan musholla. Kegiatan berlokasi di halaman kantor PDAM Danum Taka, Selasa (12/09/2023).

Direktur PDAM Danum Taka, Abdul Rasyid dalam laporannya menyampaikan, bahwa tahun ini Perumda Air Minum Danum Taka mendapatkan bantuan hibah dari pemerintah Australia sebesar Rp. 1,15 miliar yang mana diperuntukan 5 kegiatan yang sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat Kabupaten PPU.

”Tadi pembawa acara menyebutkan ada peresmian ruang layanan, betul sekali itu berada di sebelah kanan yang setelah 17 tahun kita baru punya ruang layanan ini, dibiayai oleh bantuan hibah Australia sebesar Rp.160 juta,”ujarnya.

Lanjutnya Abdul Rasyid juga menyampaikan, bahwa ada salah satu target yang juga menjadi perintah oleh pimpinan daerah dalam hal ini Bupati terhadap suatu daerah yang selama hampir 25 tahun tidak pernah menerima pelayanan air bersih yakni di daerah Kayu Api ada 4 rukun tetangga (RT) yang juga diambil dari anggaran tersebut.

“Sesuai target dari Pak Bupati sekarang ini sudah mencapai kurang lebih 78% sebagian masyarakat sudah menerima kucuran air bersih, walaupun pengisian di musim kemarau ini seperti yang kita pahami bersama sangat terbatas airnya tapi kami tetap upayakan semaksimal mungkin,”katanya.

Ia juga melaporkan bahwa kegiatan ini juga mengundang lurah daerah pesisir corong, Tanjung (Tengah), Saloloang, Pejala dan daerah pesisir lainnya. Sesuai dengan instruksi Bupati untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah yang dalam hal ini leading sectornya Asisten II, untuk mengawal tahun depan proses pekerjaan pemasangan jaringan perpipaan dan jaringan sambungan rumah (SR) untuk daerah pesisir kurang lebih 1500 sambungan rumah.

“Seluruh kegiatan terkait anggaran hibah ini proses pengerjaannya didampingi oleh Kejaksaan Negeri dan bersama-sama Dandim dan kepolisian kita akan mengawal sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaat dari program ini,” pungkasnya.

Bupati PPU Hamdam, memberikan apresiasinya dan penghargaan pada jajaran Perumda Air Minum Danum Taka yang dengan sungguh-sungguh sudah melaksanakan perintah bupati.

“Ada beberapa yang perlu diapresiasi selama kepemimpinan Bapak Abdul Rasyid ini, alhamdulilah sudah ada tiga tahun kita mendapatkan dana hibah dari pemerintah Australia, yang tentunya Insya Allah mereka akan menambah lagi ketika mereka datang berkunjung dan melihat bahwa bantuan hibahnya dipandang berhasil sesuai dengan peruntukan dan persetujuan hibahnya,” kata Hamdam.

Lanjutnya Ia juga mengingatkan bahwa sekarang ini mempunyai persoalan besar terkait ketersediannya air baku, karena hal ini sangat berpengaruh pada pelayanan yang diberikan dalam kapasitas unit produksi sudah sangat luar biasa besar, cuma oleh karena air baku dan sistem jaringan yang masih belum maksimal.

“Alhamdulilah, kabar baik ternyata Gubernur juga konsen dengan pemenuhan pelayanan air bersih wilayah pesisir, tahun depan beliau akan membantu kita kurang lebih Rp 20 sampai Rp 40 miliar untuk membantu jaringan distribusi air, ya kita mulai pelan-pelan mudah-mudahan sudah bisa terhubung sehingga warga-warga pesisir sudah bisa menikmati air bersih,”pungkasnya..(ADV*/Diskominfo PPU)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *