Evaluasi Program Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di PPU

Penajam – Kementerian Tenaga Kerja RI bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan evaluasi program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan bertempat di Ruang Rapat Bupati Penajam Paser, Selasa (06/06/23).

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi PPU, M. Sukadi Kuncoro dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa evaluasi ini sangat penting dan harus dilakukan dengan kolaborasi dan komunikasi yang baik serta komitmen dari berbagai pihak.

“Harapannya dengan adanya evaluasi ini semoga dapat lebih memudahkan masyarakat kita,” ungkap Kuncoro.

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan IPB telah menetapkan 20 (dua puluh) lokasi program perluasan kesempatan kerja berbasis pengetahuan yang dievaluasi melalui pertemuan daring melalui Zoom Meeting dan Focus Group Discussion (FGD). Dari 20 lokasi yang ditetapkan, terdapat 5 (lima) wilayah yang dijadikan sampel untuk kunjungan lapangan dan Kabupaten PPU merupakan salah satu dari 5 wilayah tersebut.
Tim Pakar IPB Fredian Tonny mengungkapkan bagaimana program tersebut sangat mendukung keberlanjutan PPU sebagai Serambi Ibu Kota Negara (IKN). “PPU ini khas, karena serambinya IKN. Jangan sampai membangun IKN tapi orang daerah jadi penonton, khususnya dalam konteks ketenagakerjaan,” ungkap Fredian.

Fredian menambahkan, evaluasi yang dilakukan hari ini menggunakan metode evaluasi partisipatif dengan mengadakan sesi diskusi dengan birokrat, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan para pekerja mandiri ( TKM), pemangku kepentingan, dan perusahaan.

“Evaluasi ini bukan hanya untuk menilai, tetapi bagaimana mencari jalan keluar bagaimana kita mengembangkan perluasan kesempatan kerja berbasis Kawasan. Dari persepektif birokrasi, apa yang harus dilaksanakan, kita diskusikan bersama pada kesempatan ini,” pungkasnya.(ADV)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *