Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH PPU Umumkan Pemenang Lomba Bank Sampah

PENAJAM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengumumkan pemenang lomba Bank Sampah Unit tingkat kabupaten, di puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, Kamis (14/09/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan di halaman kantor DLH PPU, sekaligus launching Program Kampung Iklim (Proklim) di 11 desa/keluarahan di PPU.

Saat dijumpai, Kepala DLH PPU, Tita Deritayati menjelaskan Lomba Bank Sampah Unit merupakan agenda rutin yang dilaksakan pada setiap tahunnya dan kegiatan ini merupakan inovasi dari Seratus Bank Sampah Unit dan Gerakan Sedekah Sampah (Serbu Gass). Dimana inovasi ini masuk dalam top 5 besar nasional lomba inovasi dengan katergori replika pada tahun 2022.

Lomba Bank Sampah ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu kategori Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang di ikuti sebanyak 40 peserta, kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/instansi vertikal sebanyak 18 peserta dan kategori Sekolah sebanyak 13 peserta.

Pemenang Lomba Bank Sampah Kategori KSM yaitu :
Juara 1 Bank Sampah Unit Anggrek, Kelurahan lawe-lawe
Juara 2 Bank Sampah Unit Mawar Merah, Kelurahan nenang
Juara 3 Bank Sampah Unit Mandiri Bersama, Kelurahan Waru
Harapan 1 Bank Sampah Unit Mekar Bersama, Kelurahan Waru
Harapan 2 Bank Sampah Unit Sukses Bersama, Kelurahan Waru
Harapan 3 Bank Sampah Unit Permai Mandiri, Desa Girimukti
Harapan 4 Bank Sampah Unit Pelangi, Desa Telemow

Pemenang Lomba Bank Sampah Kategori OPD yaitu :
Juara 1 Bank Sampah Unit Sehati Dinas, Kesehatan PPU
Juara 2 Bank Sampah Unit Pesona Gunung Seteleng, Keluarahan Gunung seteleng
Juara 3 Bank Sampah Unit Dinas PUPR PPU
Harapan 1 Bank Sampah Unit Dinsos Hadir, Dinas Sosial PPU
Harapan 2 Bank Sampah Unit Kecamatan Penajam
Harapan 3 Bank Sampah Unit Bhayangkari Penajam Paser Utara
Harapan 4 Bank Sampah Unit Praja Wibawa, Satpol PP PPU

Pemenang Lomba Bank Sampah Kategori Sekolah, yaitu :
Juara 1 Bank Sampah Unit Kesah Pamekar SDN 013 Penajam
Juara 2 Bank Sampah Unit Cemilah SDN 016 Penajam
Juara 3 Bank Sampah Unit SDN 020 Penajam

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta lomba, mulai dari Kategori Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekolah karena telah berperan aktif dalam mengurangi sampah di Kabupaten Penajam Paser Utara” ungkap Tita Deritayati.

DLH PPU juga telah menyiapkan penghargaan serta uang pembinaan bagi pemenang lomba dengan total hadiah sebesar 44.500.000. Dimana masing-masing pemenang akan menerima 5.000.000 untuk juara 1, juara 2 menerima uang binaan 4.000.000 dan 3.000.000 untuk juara 3.

Adapun uang binaan harapan 1 mendapatkan 2.000.000, harapan 2 mendapatkan uang binaan 1.000.000, harapan 3 mendapatkan 750.000 dan harapan 4 akan menerima uang binaan sebesar 500.000.

“Lomba bank sampah akan terus berkelanjutan di adakan dan pada tahun depan kami (DLH) akan kembali menggelar lomba bank sampah. harapan kami (DLH) untuk seluruh unit bank sampah yang ada saat ini terus aktif dalam mengelola sampah yang memiliki nilai ekonomis,” pungkasnya.

Dipenghujung acara, DLH PPU mengumumkan Sekolah di Benuo Taka yang mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tahun 2023 yaitu SDN 001 Waru, SDN 011 Penajam, SDN 012 Penajam, SDN 024 Penajam, SDN 032 Penajam dan SDN 034 Penajam.(ADV/*DiskominfoPPU)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *