Jhon Kenedy Optimis Serapan Anggaran Meningkat di Akhir Tahun

Penajam – Anggota DPRD PPU dari partai Demokrat, Jhon Kenedy optimis realisasi anggaran 2023 di Kabupaten Penajam Paser Utara terus meningkat mendekati akhir tahun.

Ditemui di kantor sekretariat DPRD PPU belum lama, Jhon Kenedy mengatakan bahwa serapan anggaran, sangat bergantung pada penyelesaian kegiatan fisik di masing-masing organisasi perangkat daerah.

“Dengan kata lain jika kegiatan fisik yang bernilai besar belum selesai dan ditagihkan, maka serapan anggaran masih rendah. Tapi biasanya mendekati akhir tahun persentase anggaran naik tajam.” ungkap Jhon Kenedy.

Mantan ketua DPRD PPU itu optimis pemerintah daerah mampu meningkatkan realisasi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2023 di kuartal ketiga hingga empat.

Karena tidak sedikit proyek yang progressnya lebih dari 50 persen, belum mengajukan penagihan menunggu kegiatan rampung.

“Biasanya di akhir-akhir tahun itu akan terjadi peningkatan penyerapan anggaran yang signifikan. Sebab banyak kegiatan berlangsung di kuartal ketiga hingga empat, dan dengan adanya tambahan anggaran dari APBD perubahan, pelaksanaannya pasti berfokus pada November hingga Desember,” ungkap Jhon Kenedy.

Serapan anggaran yang maksimal akan mampu mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di PPU dan secara langsung berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini serapan anggaran sangat dinamis, apalagi biasanya pembangunan proyek telah berjalan dan tinggal penyelesaiaan proses pembayarannya,” tegasnya.(Adv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *