Mengetahui Pentingnya Kelas Khusus Olahraga di Sekolah

Penajam,-Kelas Khusus Olahraga (KKO) adalah sebuah kelas di suatu sekolah yang dibentuk secara khusus untuk menampung dan melayani siswa yang mempunyai bakat atau potensi khusus, dalam hal ini adalah potensi bakat istimewa di bidang olahraga (Kemendiknas. 2010. Panduan Pelaksanaan Kelas Olahraga Sekolah Menengah Negeri dan Swasta. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah).

Tujuan adanya kelas KKO adalah:

Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga
Meningkatkan mutu akademis dan prestasi olahraga
Meningkatkan kemampuan berkompetisi secara sportif
Meningkatkan kemampuan sekolah dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga
Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani siswa
Peningkatan mutu pendidikan sebagai bagian dari pembangunan karakter
Dalam bidang akademik, siswa KKO dan regular adalah sama, termasuk materi pelajaran yang disajikan dan diujikan hingga UN dan SMNPTN. Hal yang membedakan hanyalah pada adanya pembinaan khusus siswa KKO sesuai bakat dan minatnya dalam bidang olahraga. Selain itu, ada kekhususan izin bagi siswa KKO untuk tidak masuk jam pelajaran, bahkan mungkin selama satu minggu lebih, ketika mengikuti turnamen ataupun perlombaan.

Penilaian KKO juga menggunakan tes sumatif, yakni tes yang dilakukan setelah berakhirnya pemberian program. Setiap 6 bulan sekali pelatih diberi form penilaian oleh sekolah. Pelatih diminta untuk menguji dan memberi nilai siswa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh pelatih. Kriteria dijadikan penentu dalam pengambilan keputusan tingkat keberhasilan yang dicapai siswa. Kriteria tersebut meliputi presensi dan perkembangan siswa dalam pelatihan teknik dan fisik. Nilai siswa KKO dicantumkan pada lembar tersendiri di belakang nilai akademik dan jadi satu dengan rapor.

Pada proses penyelenggaraan dan pengelolaan Kelas Khusus Olahraga ini ada beberapa tahapan kegiatan yang harus direncanakan dan dilaksanakan dengan baik serta terarah melalui tahapan sebagai berikut :

Pertama, Sistem Perekrutan dimana Calon Peserta Didik yang akan masuk di Kelas Khusus Olahraga (KKO) akan melalui proses tahapan seleksi terlebih dahulu. Tahapan seleksi yang akan dilakukan adalah melalui proses pendaftaran, tes fisik, tes keterampilan sesuai cabang olahraga dan tes mental kepribadian.

Kedua, Sistem Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran yang utamanya mengatur kegiatan pembelajaran bukan hal yang dapat dikondisikan dengan mudah. Oleh karena itu maka, dalam mengelola pembelajaran yang baik diperlukan sebuah perencanaan yang baik pula. Sistem pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan berdasarkan kurikulum di Kelas Khusus Olahraga mengacu pada kurikulum yang berlaku juga di kelas regular yaitu Kurikulum 2013. Hanya saja, untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan/latihan olahraga di Kelas Khusus Olahraga mengacu pada program khusus kepelatihan olahraga berdasarkan cabang olahraga yang ditekuni oleh atlet/peserta didik.

Ketiga, Sistem Supervisi dan Evaluasi dalam ha ini pelaksanaan supervisi dan evaluasi Kelas Khusus Olahraga, diagendakan sama seperti kelas regular. Untuk supervisi dan evaluasi di bidang prestasi akademik mengacu pada jadwal supervisi dan evaluasi pada kegiatan pembelajaran kelas regular.

Keempat, Sistem Anggaran dan Pembiayaan dimana dalam pelaksanaan proses pengembangan dan pengelolaan Kelas Khusus Olahraga memerlukan adanya dukungan dana yang bersumber dari Pemerintah Pusat/BOS, Pemerintah Daerah/BOP, Peran Serta Masyarakat/Dukungan Orang Tua dan Kemitraan, sehingga perlu adanya Rencana Anggaran Pembiayaan Program Kelas Khusus Olahraga untuk mendukung pelaksanaan semua program.

Dengan adanya kelas khusus olahraga ini, diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dari masalah pembinaan atlet pelajar muda yang masih aktif dalam kegiatan belajar di sekolah, karena di Kelas Khusus Olahraga ini jadwal sekolah disesuaikan dengan jadwal latihan ataupun program pembinaan yang lainnya sehingga antara prestasi dan pendidikan bisa berjalan dengan beriringan serta bisa menghasilkan prestasi yang optimal.

Program kelas khusus olahraga ini merupakan program pendidikan bagi semua anak yang memiliki bakat istimewa olahraga dan di dalam kelas ini nantinya peserta didik program kelas khusus olahraga akan dapat saling bertukar informasi dan motivasi.

(rmt/plt)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *